Sabtu, 30 April 2011

morfologi carpel,posisi carpel,

morfologi Carpel


http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Sebuah ginesium (carpel tunggal) monocarpous dalam konteks. The ginesium / carpel terdiri dari ovarium, gaya, dan stigma di tengah bunga digambarkan.
Setiap struktur dalam ginesium, entah itu terdiri dari carpel sendirian atau karpel beberapa menyatu, biasanya terdiri dari:
§  Sebuah bagian basal diperbesar disebut ovarium (dari bahasa Latin ovum yang berarti telur ), yang berisi plasenta bantalan satu atau lebihbakal biji (integumented megasporangia ). Sebuah ruang di dalam sebuah ovarium, di mana ovula berkembang, disebut locule (atau kadang-kadang sel). Tidak peduli berapa banyak karpel sekering bersama untuk membentuk ovarium syncarpous, mungkin ada locule tunggal atau lebih dari satu locule. Jika ada beberapa locules dinding membagi mereka disebut septa .
§  The style (dari bahasa Latin stylus berarti saham , atau stylus ), seorang seperti saluran tangkai memungkinkan serbuk sari (gametofit jantan) untuk tumbuh ke sel telur dan memberikan sperma.
§  The stigma (dari Yunani Kuno στίγμα , stigma berarti tanda , atau tusuk ), biasanya ditemukan di ujung gaya, bagian dari struktur yang menerima serbuk sari (jantan gametophytes ). Hal ini biasanya lengket atau berbulu untuk menangkap serbuk sari.
Karpel mulai sebagai primordia kecil pada meristem apikal bunga, membentuk lebih dari, dan dekat ke bunga) puncak (dari sepal, petal dan benang sari primordia. Morfologi [ 2 ] dan studi molekul carpel ontogeni mengungkapkan bahwa karpel yang paling mungkin homolog ke daun. Dalam beberapa garis keturunan angiosperma basal, misalnya Degeneria, asli Fiji, karpel mulai seperti secangkir dangkal dan akhirnya membentuk daun, seperti struktur dilipat, disegel di marjin dengan saling rambut. Tidak ada stigma atau gaya ada, tapi lambang stigma luas memungkinkan serbuk sari akses tabung ke dua baris ovula tertutup di carpel tersebut. Karpel, seperti daun, biasanya beruang tiga jejak vaskular.
Dalam ginesium sepenuhnya syncarpous, tantangannya adalah untuk menentukan berapa banyak karpel melebur untuk membentuk ginesium. Terkadang, jumlah lobus stigma stigma atau berguna, seperti yang dapat tonjolan pada ovarium atau locules dalam ovarium.
Tingkat connation (fusion) dalam ginesium syncarpous dapat bervariasi. Fusion dapat terjadi sangat awal dalam pengembangan carpel, atau lambat. Dalam gynoecia beberapa karpel yang menyatu hanya di markas mereka, tapi mempertahankan gaya terpisah dan stigma. Dalam gynoecia lain, ovarium dan gaya yang menyatu tetapi stigma tetap terpisah. Kadang-kadang (misalnya, Apocynaceae) karpel yang difusikan dengan gaya mereka atau stigma namun memiliki ovarium berbeda.
Dalam bunga dengan karpel berbeda berganda, karpel hampir selalu tunggal (ginesium apocarpous).

posisi Carpel


http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Bunga dan buah (kapsul) dari tanah anggrek, Spathoglottis plicata , menggambarkan sebuah inferiorovarium.
kelompok angiosperma basal cenderung memiliki karpel diatur spiral sekitar wadah kerucut atau kubah berbentuk. Dalam garis keturunan kemudian, karpel cenderung berada di whorls.

http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Hylocereus undatus menunjukkan baik karpeldan benang sari
Hubungan dari bagian bunga lain untuk ginesium bisa menjadi karakter yang sistematis dan taksonomi penting. Ovarium ginesium dapat lampiran di atas kelopak dan sepal ke stopkontak. Dalam hal ini ovarium disebut unggul . Ini sesuai dengan istilah hypogynous , digunakan untuk menggambarkan bunga dengan penuh ovarium superior .
Dalam beberapa bunga dengan ovarium superior, (contoh termasuk banyak anggota keluarga mawar, Rosaceae ) dasar kelopak benang sari, dan sepal yang menyatu ke dalam tabung bunga atau hypanthium . Dalam bunga-bunga, ovarium bisa bebas atau sebagian adnate (menyatu) untuk hypanthium, tapi tetap setidaknya sebagian unggul. bunga Ini disebut perigynous .
Dalam beberapa bunga, ovarium benar-benar fusi hypanthium tersebut. Hanya dan stigma proyek gaya di atas sepal, kelopak, dan benang sari, yang muncul untuk melampirkan ke puncak ovarium. Semacam ini disebut ovarium ovarium inferior , dan bunga dikatakan epigynous . Contoh keluarga tanaman dengan ovarium inferior termasuk anggrek Orchidaceae , bunga matahari Asteraceae dan sore hari primrose Onagraceae .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar